home Cake & Puding Butter Cake

Butter Cake

468x60

BUTTER CAKE

Dalam Wikipedia, butter cake adalah cake yang bahan utamanya butter (mentega).  Secara tradisional butter cake dibuat secara creaming yaitu mentega dan gula dikocok terlebih dahulu sampai lembut untuk memasukkan udara ke dalam adonan mentega. Kemudian telur ditambahkan secara bertahap sehingga terbentuk emulsi. Diikuti dengan penambahan bahan kering lainnya.
Butter Cake bisa dikatakan juga suatu teknik pembuatan cake yang mana butter (mentega) atau margarin dikocok terlebih dahulu bersama gula. Jadi, meskipun bahannya margarin tetapi jika dalam pembuatannya mendahulukan lemak padat tersebut (butter atau margarin) tetap hasilnya disebut butter cake. 

Butter cake memiliki rasa gurih berkat kandungan mentega yang  tinggi. Lemaknya bisa diganti dengan margarin dan shortening. Mentega dikocok hingga pucat dan lembut. Ukuran cake-nya tak setebal jenis cake lain karena tidak mengandalkan langkah pengocokan telur.  Karena sudahkaya rasa, biasanya tidak dibelah dua dan diolesibuttercream. Contohnya marblecake, cupcake, dan  fruit cake.(Femina.co.id)
Menurut Fatmah Bahalwan (NCC-Indonesia),butter cake adalah jenis bolu yang paling kuno. Disebut juga Pound Cake, sesuai dengan resepnya yang menggunakan ukuran serba satu pound (+- 453g).

OXONE Food Slicer and Mouse Grater [OX-102]

Pada perkembangannya, Pound Cake adalah butter cake dengan komposisi bahan yang sama beratnya. Misalnya,semua bahan masing-masing 250g beratnya. Jadi tidak harus semua bahan masing-masing beratnya 1 pound. 
RESEP DASAR BUTTER CAKE
PR Dapur Aisyah November 2013
Tema : Butter Cake Dasar
Oleh Maydina Safitri
250 gram margarin
175 gram gula pasir halus
5 butir telur
225 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok teh baking powder 
Cara
1.     Kocok margarin dan gula pasir halus sampai lembut.
2.     Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok perlahan.
3.     Masukkan sisa tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan.
4.     Tuang di loyang 18x18x7 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
5.     Oven 15 menit dengan suhu 190 derajat Celsius. Turunkan suhunya 180 derajat Celsius. Oven lagi 25 menit sampai matang.

Ini PR bulan November kenapa baru di posting di blog sekarang*tutup muka p-ake panci 😀 karena waktu itu sapidi di rumah lagi slowly ga bisa internetan mati gaya deh ehehe, setelah berminggu-minggu gak internet via pc/komputer cuman via hp/tab akhirnya sekrang bisa narsis deh itu butter cake ehhee ^_^ kamera dslr sudah almarhum ini fotonya pke tab rada burem gak apalah kan yang penting resepnya ehhee 😀

Komentar Facebook

4 thoughts on “Butter Cake

  1. g begitu suka butter cake,kakakku kan catering mbk..dulu suka dpt pesenan butter cake,sukanya sih pas baru keluar oven tapi pas dingin,,,g tau g suka aja xixixixi…..

Comments are closed.