home Dapur Ku Awal Aku Jatuh Cinta

Awal Aku Jatuh Cinta

Aku ingin menceritakan bagaimana awal aku mengenal dan mencintai dunia masak-memasak,bisa di bilang sih awal aku masak karena “terpaksa”,pada waktu aku SMP kelas VII ibuku sedang melanjutkan studynya,dan pada waktu itu sangat susah sekali mencari pembantu,pembantu yang dulu yang sudah bekerja hampir 10 tahun bersama keluargaku keluar karena bercerai dengan suaminya,pulanglah ia ke Sumedang.

Ibuku sih ngambil studynya weekend tetap aja dari hari senin-jumat kerja,karena gtidak ada ART (Asisiten Rumah Tangga) di rumah suka kalang kabut,suka beli makanan terus,sesempat saja kalau masak,walaupun setiap pagi ayah bantuin ibu buatin teh & susu buat anak-anaknya,tetap saja pekerjaan rumah tangga gak bisa ke handle,karena aku anak perempuan yang paling besar,jadilah akulah yang mengerjakan pekerjaan rumah tangga dari mencuci baju,ngepel,nyapu,menyetrika,sebenarnya aku bisa masak tapi ibuku sselalu gak percaya,khawatir kalau ada anak-anaknya yang main kompor.

Pada suatu sabtu pagia ku bilang sama ayahku,”ayah,aku mau masak aja,gak mau beli!”akhirnya ayah menyerahkan sejumlah uang untuk aku belanja,jujur sih ayah ku tipenya bukan hiperproktetif jadi beliau percaya aja sama apa yang aku lalukan.Pada saat di warung aku binggung masak apa,kalau gak salah sayur pertamaku itu sayur sop ayam.

Mulailah aku mengulek bumbu sop,karena biasa ngajakin ngobrol & lihat pembantu aku sepertinya aku hafal bumbunya,aku pakailah bawang putih,lada,dan biji pala ku ulek semua bumbu jadi satu dan kucemplungkan 1 ekor ayam dan sayuran ku masak hingga empuk dan mateng.

Dan akhirnya masakanku mateng,saat aku cicipi,kok rasanya beda gak sama kaya buatan ibu nyegrak,tapi ayahku tetap makanin sayurnya,waktu itu klo gak salaha yah bilang “kak,ko sayurnya pedes banget,kamu kasih cabai yah?” emang sih terasa pedas hehe…

Dan ibuku pulang dari studynya,aku laporan bahwa hari ini telah masak,ibu ku sih kelihatan lebaynya gak boleh main api,ayah sedikit kena “omelan” hehe…dan ibuku mencicipi rasanya…ibu ku nebak kebanyakan lada atau pala,setelah aku paparkan aku memakai bumbu apa saja,ternyata yang bikin nyegrak itu biji pala,jujur sih aku pakai 1 buletan xixiii

Dari situ aku belajar cara membuat sup,ternyata biji pala itu di gunakan cuman sedikit saja,yah itulah pengalaman belajar ku tentang memasak,semoga bermanfaat,pengalaman adalah guru yang bermanfaat

Komentar Facebook