home Cooking Tips Daftar Stock Bahan dan Bumbu Dapur Bulanan

Daftar Stock Bahan dan Bumbu Dapur Bulanan

Bismillahirrahmanirrahim

Banyak yang suka yang tanya sama Meidy bagaimana cara mensiasati agar bisa masak pagi membuat sarapan dan bisa rajin masak tidak beli melulu, yah kalau itu sebenarnya komitmen kita mau masak apa
engga, kalau Meidy tidak masak bisa-bisa gaji setengah bulan udah ludesss hehee karena beli setiap hari πŸ˜€ maklum lah apa-apa sekarang mahal kalau boros nanti tidak bisa nabung dan bayar cicilan ini itu hihi


Nah Meidy sebenarnya selalu membuat daftar stock bahan makanan di rumah biar tidak bolak-balik beli, maklum lah perempuan kalau belanja padahal niatnya beli cuman satu biji eh jadi  temennya banyak banget :p
jadi ada yang Meidy pisahin stock bulanan (tinta merah) , stock mingguan (tinta hijau) yah walaupun tetap ada belanja harian seperti sayur segar, dan Meidy kasih bocoran makanan siap saji yang praktis jika kita bangun kesiangan,capek pulang kerja atau lagi super sibuk, tinggal buka kulkas langsung goreng deh  ^_^ hehee

Cara Menyimpannya pun mudah kalau bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan cabai biar praktis kupas semua bawang merah, bawang putih dan untuk cabai buang tangkainya, setelah di kupas JANGAN DI CUCI  kenapa tidak boleh di cuci karena nanti akan lembab, kalau beli bawang dan cabai musim hujan begini kan suka basah tuh kalau sebaiknya di lap aja pakai tissue kering biar di bawang dan cabainya tidak menggandung air, setelah itu simpan di kulkas dengan memasukan ke dalam kointainer atau wadah makan, ingat yah wadahnya juga harus kering, dan jangan lupa selalu menutup kembali hingga rapat jika setelah di pakai. Untuk bawang bombay, dan kentang cukup di taruh di ruangan terbuka. Untuk menyimpan jahe, kencur, kunyit dengan cara bungkus dengan kantong plastik terlebih dahulu baru di masukan  ke dalam wadah makanan baru deh di maskan ke kulkas ^_^.

*Keterangan daftar stock bahan makanan untuk keluarga kecil saya
Bawang dan cabai yang sudah di kupas siap di masukin ke wadah ^_^

Stock Makanan Bulanan
Jumlah
Bumbu Dapur Wajib
Belanja Mingguan
Daging /ayam giling
@ 2 Kg
Terasi
Bawang merah
Keju
2 pak
Kunyit
Bawang putih
Blue band
1 kg
Kencur
Cabai
Kacang tanah
500 gr
Jahe
Kentang
Tepung terigu
6 kg
Kemiri
Jagung
Kanji
2 kg
Lada
Daun bawang
Ayam
4 ekor
Ketumbar
Tahu
Minyak
4 lt
Jinten
Tempe
Garam
3 pak
Kapulaga
Wortel
Bihun
2 pack
Biji pala
Tomat
Mie
5 pack
Cengkeh
Buncis
Sarden
4kaleng
Gula jawa
Kacang panjang
Saos sambal
1 kg
Asam jawa
Terong
Mayonaise
1 kg
Ebi
Tomat
Ikan bandeng
6 ekor
Tauco
Telor
4 kg
Kecap
2 pak
Udang
3 kg
Ikan asin
1 kg
Saos tiram
1 botol
kecap inggris
1 botol
Kecap asin
1 botol
Tepung beras
500 gr
Pernipan
1 bungkus
Tepung roti
2 kg
Spagethi
500 gr
Saos tomat
500 gr
Daging
1 kg
Gula pasir
1 kg
Kacang Hijau
500 gr
Minyak wijen
1 botol
Saos Teriyaki
1 botol
*Stock Makanan Siap Saji Homemade untuk Sebulan
Ayam ungkep
Bandeng presto
Bakso
Rolade
Nugget

Komentar Facebook

10 thoughts on “Daftar Stock Bahan dan Bumbu Dapur Bulanan

  1. Wah ngebayang freezer segede apa ya hihihi lihat ayam daging byk jg ya mak, sy masak juga, 2 mgg sekali nyetok isi freezer, tp itu byk yg diakalin jg sih.

  2. wah…. hampir sama yg dibuat mba Dina. Saya baru jadi emak-emak.. dzn kerasa bgt kalau lagi belanja bulanan. Daripada beli sedikit sedikit yamg hitungannya lebih mahal lebih baik belanja banyak pas awal bulan karena hitungannya lebih murah. Apalagi kalau belanja di supermarket wholesale, harga jauh bgt bedanya drpd di pasar tradisional.

Comments are closed.