home Olahan Ayam Resep Gudeg Presto Lengkap Dengan Sambal Krecek dan Opor Ayam

Resep Gudeg Presto Lengkap Dengan Sambal Krecek dan Opor Ayam

Resep gudeg ala ibu ku yah…

500 gr nangka yang muda loh yang benar-benar muda belum ada bijinya loh

Bumbu Halus :

8 siung Bawang merah

5 Siung bawang putih

3 butir kemiri

½ sdt Ketumbar

1 ekor ayam kampung bisa diganti telur ayam yang sudah di rebus yah

Bumbu Pelengkap :

jahe, salam, lengkuas, ½ kelapa peras menjadi  santen menjadi 3 gelas belimbing ,2 butir gula jawa daun jeruk

aku biasanya memasak gudeg pakai panci pesto ISA selama 35 menit, kadang suka males bikin gudeg prosesnya yang panjang harus di inepin agar mengasilka warna hitam dan rasanya lebih enak kalau sudah di angetin dan kering tanpa air sama sekali , aku kadang suka males masak gudeg karena emang tidak suka manis secaa aku terlair sudah manis*timpuk panci :p, eh pernah waktu itu aku masak gudeg aku kasih cabai giling dengan maksud biar pedas sialnya pas masak gudeg ada sodara yang main ke rumah ampuuuuun deh di bully habis-habisan gudeg itu emang manis kalau pedas yah gulai nangka padang pedas ndak cocok nah makanya buat ilangin rasa manisnya harus pakai pelengkap sambal goreng krecek dan opor rasa manisnya akan sirna deh hohoho,makanya kalau kumpul keuarga saudara dari ibu yah menu wajib yah gudeg harus ada dimeja makan, untugnya suami aku gak doyan gudeg ya ialah bukan darah Yogja tapi darah Gombong, jadi tdak usah masak ribet bikin gudeg hihihii

Aslnya masak gudeg itu membutuhkan waktu yang sangat lama memasaknya, tapi jaman sekarang bisa diganti memakai presto

Cara Membuat gudeg :

  1. Haluskan bumbu gudeg lalu tumis, masukin ayam yang sudah di cuci bersih beserta nangka dan bumbu pelegkap dan jangan lupa santenya, presto selama 30 menit
  2. Buka panci prestoapakah masih ada air atau tidak jika masih, gudeg dipindahkan didalam wajan masak dan di aduk-aduk hingga tidak ada air yang tersisa.

Resep Sambal Goreng Krecek

ini juga resep ala-ala ibu ku yah 🙂

500 gr krecek

500 gr kacang tolo, kacang ini mirip sama kacang merah

Bumbunya : bawang merah, bawan putih, jahe ebi,  cabai buat di ulek klo mau pedas tambahin caba gelundungan,  semua bahan ini dihaluskan yah

bahan pelengkap daun salam, lengkuas keperk, sereh keprek, santan 1/2 butir

cara membuanya:

kalau ibu ku ngajarin kerpuk kreceknya di rebus lagi kenapa? kan kita tidak tau minyak yang di pake yang di goreng dari pabrikanya dan biar membuang lemak yang mengendap dalam kreck hohoho, tdak di rebus juga tidak apa ish sebenarnya,

Tumis bumbu hauls sampai wangi lalu masukin santan, bumbu pelengkap dan kacang tolo lalu kreceknya masak hingga emuk nah pas dah mau mateng cicipin rasanya dan terakahir masukin cabai geludungan buat nyeplus gigit cabai artinya kalau kurang pedas, biasanya cabai yang di pakai adalah rawit bewarna oren yah

Komentar Facebook