home Olahan Ayam Resep Soto Kebumen atau Gombong

Resep Soto Kebumen atau Gombong

Bumbu Yang sudah di tumis masukan ke kaldu ayam

Bismillahirahmanirahim…

Ini resep soto gombong alias bumen dari art ku yang asli orang karang anyar, ceritanya mau buatin soto sing spesial buat suami yang orang gombong mau buatin soto gombong, karena si mbak ngomongnya mendadak jadi kurang sip markusip deh gak pke getuk goreng klo gak pke getuk goreng yah pke perkedel kentang, ok deh lain kali aku buat soto bumen yang versi lengkap ehehehe

Sewaktu aku walimah ada menu soto kebumen tapi boro-boro bisa makan lha tamunya ja berjubel padeeet maklum acara cuman 5 jam doang di gedung kenapa saat walimah ada soto gombong karena menghiormati besan ibu ku yang orang orang gombong karena pernikahan ini dari sama-sama orang jawa yah jadi kental sekali menu jawanya seperti ibu ku orang Purworejo maka ada dawet ireng plus menu khas Yogyakarta, untung nemu orang EOnya orang jawa jawa mengerti kemauan kita ehhee eh malahan pemilik EO orang Kebumen jadinya keluarga besar suami ngomong ngapak deh ke EOnya ehhee, dunia sempit banget bapak mertua ku satu kampung sama ART ku dan tetangga desa sama orang yang punya EOnya lha kok jadinya temu orang sekampung hihi

Awal nikah aku suka ketawa klo denger keluarga dari suami ngomong bahasa kebumenan, bagaimana engga coba lha an ngomongnya ngapak banget, berasa lagi dengerin radio sroto-sroto yang biasa tetangga aku orang gombong setel :p eh tapi sekarang udah gak asing lagi sih sama ketawain orang yang ngomong ngapak :p ehhee 😀

Resep Soto Gombong alias Kebumen

1 ekor ayam
1 liter air

Bumbu Halus :
8 siung bawang putih
Jahe
5 cm Kunyit 5 centi
Lada
Jinten
Kapulaga
8 Kemiri
Gula
Garam

Bumbu Pelnegkap :
Daun salam
Daun jeruk
Sereh

Cara Membuatnya :

  1. Rebus ayam masukan garam masak hingga empuk (kaldu) sisihkan
  2. Haluskan bumbu halus, sisihkan
  3. Tumis bumbu halus sampai wangi dan agak kecoklatan
  4. Masukan bumbu halus yang sudah di tumis ke dalam kaldu ayam, masukan bumbu pelengkap rebus hingga air mendidih sambil di cicipi rasanya apa yang kurang, masak sampai mendidih
  5. Sajikan soto kebumen dengan getuk goreng atau perkedel
Resep soto gombong dan kebumen sudah saya perbarui disini dengan khasnya soto kebumen menggunakan gethuk dan taburan kacang yang yummy ^_^

Nunggu sampai kering

Komentar Facebook

One thought on “Resep Soto Kebumen atau Gombong

Comments are closed.