home Olahan Daging Resep Soto Betawi

Resep Soto Betawi

Bismillahirrohmanirrohim

Baru pertama kali buat soto betawi ehhee 😀 jujur emang aslinya gak terlalu suka sama makanan yang bersantan, karena ada kelapa nganggur gara-gara belinya kebanykan hehee, yah sudah deh bikin soto betawi aja kebetulan hari ini emang niat mau masak soto ^_^

Resep Soto Betawi

300 gram daging sandung lamur, dipotong kotak-kotak
1.500 ml air untuk merebus daging
150 gram babat, direbus
100 gram paru, direbus
2 lembar daun salam
1 sendok teh pala bubuk
800 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
2 sendok makan minyak
kayumanis
Bumbu Halus:
12 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 cm jahe
1 cm lengkuas
1 sendok teh ketumbar, disangrai
3 butir kemiri, disangrai
6 sendok teh garam
2 sendok teh gula pasir
Merica
Jinten
Pelengkap:
2 batang daun bawang, diiris tipis
1 batang daun seledri, diiris tipis
2 buah tomat, dipotong – potong
kecap manis
bawang goreng
emping goreng
Resep Sambal Soto Betawi:
20 buah cabai rawit merah, direbus
1/4 sendok teh garam
Cara Pengolahan :
Rebus daging dengan air sampai lunak dan empuk. Ukur kaldunya 1.500 ml.
Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, kayumanis, dan pala sampai harum. Masukkan daging dan jeroan. Aduk rata.
Masukkan kaldu. Masak sampai mendidih. Masukkan santan.

Sajikan dengan pelengkap dan sambal.
Komentar Facebook

4 thoughts on “Resep Soto Betawi

  1. baru kepikiran bikin soto,lama nggak nyoto soalnya….yaudah,sekalian sama sosis solo,nanti kirim ke Siak ya mbk hehe..eh,q catet mbk….makasih ya resepnya^^

Comments are closed.