home Olahan Jamur Resep Gulai Jamur

Resep Gulai Jamur

Bismillah…

Huwaaaaa udah lama bangeeet gak ngeblog ehehhe 😀 dan udah lama juga saya gak masak varian yang baru ehhehe 😀 maklum aja yah saya lagi galau sama tesis dan sibuk usaha baru olshop peralatan baking eheheh 😀

Aku baru tau loh jamur bisa di buat gulai ehhehe, makan di rumah bumer eh kebetulan beliau lagi masak ini dan pas nyicipin lumayan uenaaaak ^_^ suami ku sampe bolak-balik ngambil sayur ini ehhe emang pas lagi laper yah mas… resep gulai jamur sih sama aja kaya biasanya yah, tips sebelum memasak jamur di cuci pakai air hangat, gak tau kenapa ibu ku nyuruhnya begitu katanya biar lendirnya keluar ehhe.

Pas aku buat gulai ini biar ada rasa gurih-gurihnya aku tambahin ayam 1/2 ekor biar ada rasa kaldunya, dan yang bikin plus lagi bikin gulai kemarin gak pke santan aku ganti susu soto, susu soto ialah susu pengganti santan biasanya di pakai untuk resep soto betawi, tapi kalau kamu gak punya susu pengganti soto bisa pake kelapa 1/2 butir yah 🙂

RESEP GULAI JAMUR

1/2 ekor ayam
500 gr Jamur
500 ml santan
2 batang serai
5 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk purut
3 cm lengkuas, iris tebal
2 butir cengkeh
minyak goreng untuk menumis
garam, gula, dan merica secukupnya

Bumbu halus :
5 buah cabai merah (sesuai selera)
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
6 butir kemiri
2 cm jahe
2 cm kunyit
1/2 sdm ketumbar, sangrai
1/2 sdt jintan, sangrai
1/2 sdt pala

Cara Membuatnya :

  1. Rebus daging ayam dalam 1 liter air sampai empuk. Angkat kaldu ayam, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan lengkuas, serai, daun salam,  daun jeruk, dan cengkih. Aduk-aduk.
  3. Masukkan sisa air rebusan daging, tambahkan garam, gula, dan merica secukupnya.
  4. Masukkan kaldu ayam dan santan. Masak hingga bumbu meresap dan santan mengental sambil sesekali diaduk supaya santan tidak pecah, lalu masukan jamur ketika air sudah bergejolak masak hingga jamur layu, matikan 🙂
Komentar Facebook

6 thoughts on “Resep Gulai Jamur

Comments are closed.