home Olahan Seafood & Ikan Resep Abon Ikan

Resep Abon Ikan

Dari kemarin menunya ikan melulu yah? maklum bumil harus anyak mengkonsumsi ikan eh bukan itu juga sih saya emang suka bengt yang namanya ikan, di buat menu apa aja doyaan, ini ceritanya belanja ke muara angke, ngeborong ikan eh tidak ngeborong juga sih emang niatnya main aja, mata gatel lihat ikan salmon yah sudah deh akhirnya beli, harganya aku lupa berapa ehehe ^^ , karena disana mesti belinya kiloan atau per ekor, sedangkan satu ekornya saja seberat 2 kg, singkat cerita abon ikan ini adalah menu daur ulang karena sudah bosen makan ikan melulu ehhee ^^ daripada di buang sayang akhirnya di buat abon.

Waktu jaman masih jadi anak kostan sering banget bawa abon ikan homemade buat di jadikan lauk praktis dan menghemat pengelauran ixixix 😀

Resep Abon Ikan
1 kg ikan (bisa pakai tongkol, tuna, lele,kakap, dll)

Bumbu Halus :
12 siung bawang merah
8 siung bawang putih
15 buah cabai (bisa di skip jika tidak suka pedas)
1 genggam ketumbar
1 batok gula jawa
5 lembar daun jeruk
Lengkuas seukuran 1 jari
Jahe seukuran 1 jari
Garam
8 sdm minyak goreng

Cara Membuatnya :

  1. Bersihkan ikan, pisahkan ikan dari tulangnya
  2. Haluskan bumbu
  3. Tuang minyak goreng, lalu masukan bumbu halus tumis hingga harum
  4. Ikan yang sudah di bersihkan di ulek kasar pada sisa-sisa bumbu di ulekan, lalu lmasukan ke dalam pengorengan aduk rata dengan bumbu yang sudah di tumis, aduk-aduk terus hingga ikan berwarna kecoklatan. kurang lebih aduk hingga 30 menit, sampai adonan terlihat kering dan terasa lebih enteng,
  5. Gunakan api kecil saja, semakin lama mengaduknya semakin kering dan tahan lama abon ikan ini. (bm)
Komentar Facebook

2 thoughts on “Resep Abon Ikan

Comments are closed.