home Olahan Seafood & Ikan Resep Pucung Bandeng Betawi

Resep Pucung Bandeng Betawi

Bismillahirrahmanirrahim

Halo enyak, encing, babeh semuanye kali ini mpok Meidy buat gabus di pucungin yang kaga tau pucung, pucung ntu kluwek artinye, ini khas betawi banget dah, saban hari tetangga aye hobby banget masak beginian selain jengkol hehee, asli nih ye rasanya emang top dah ^_^ nyobain sekali ketagihan hehee, apalagi kuahnya semakin item semakin nikmat dah, biar bandengnye kaga ribet pas di makan ama durinya ini aye presto dulu sejam setengah lah biar rada empuk ehhee 🙂 oia esep aslinya klo orang betawi pke gabus tapi ini aye ganti jadi bandeng eheheh, mau bandeng atau gabus semuanya enak ^_^

RESEP PUCUNG BANDENG BETAWI


Bahan:

1 Kg bandeng atau gabus, potong menjadi 2/3 bagian
1 butir jeruk nipis
8 siung bawang putih, dihaluskan
1 sendok teh ketumbar, haluskan
1 sendok teh garam
250 ml air

Bahan Kuah:
1.000 ml air
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
6 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
1 buah tomat, dipotong-potong
1 batang daun bawang, dipotong 1 cm
2 sendok makan minyak untuk menumis
bawang merah goreng untuk taburan
garam
gula pasir

Bumbu Halus:
15 butir bawang merah
8 siung bawang putih
4 butir kemiri, disangrai
4 buah kluwek, direndam
2 cm kunyit, dibakar
15 buah cabai rawit merah

Cara Pengolahan :

  1. Lumuri ikan gabus dengan air jeruk nipis, bawang putih, ketumbar bubuk, garam, dan air.
  2. Kuah: panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, daun jeruk, dan serai sampai harum. Tambahkan tomat. Aduk sampai layu.Masukkan air, garam, dan gula pasir. Masak sampai matang. Tambahkan ikan gabus lalu presto 1,5 jam
  3. Taburkan bawang goreng saat ingin menyajikan. (BM)
Komentar Facebook

2 thoughts on “Resep Pucung Bandeng Betawi

  1. wakakakaaaa…prolognya itu lho lebay. Sok betawi, hahahaaa….
    belum pernah masak pake kluwek karena nggak reti kluwek bagus tuh yang gimana. Takut dapat kluwek jelek yang akhirnya jadi pait deh….

Comments are closed.