Cilok

Lanjutin status fb mbak Rina Audie dengan tema nggragas akhirnya beliau buat cilok gara-gara di tag sama beliau jadi kepingin deh makan cilok, ealaaah latah banget yah? hihiii, akhirnya buat cilok deh, sebenarnya udah sering buat cilok tapi seperti biasa penyakitnya lagi kambuh hayooo tebak penyakit apa? yah sudah pasti foto males foto*krukupan pake panci ehehehe 😀

Entah kemarin setan apa yang merasi ku diriku*serem amat yah bahasanya 😛 , buat cilok sampai 2 hari berturut-turut, yang pertama hari minggu aku bawain buat bekal dan akhirnya aku kasih buat teman-teman pekanan pada bilang ciloknya enak Alhamdulillah, malahan salah satu teman ku ada yang bilang bumbu kacangnya enak banget, saking enaknya sama dia sampe di gadoin padahal ciloknya udah gak ada hihiii, bahkan sampe tuppy aku bersih loh bumbu kacangnya, nah berarti kan enak, klo di bilang enak yah semangat deh buatin next time yah hehee 😀

Hari minggu dan senin aku buat 1 kg, weleh-weleh banyk banget yah kaya mau bakulan aja bikin banyak-banyak habis enak sih cilok itu rasanya, selain enak rasanya buatnya guampaaaaaang buanget banget deh 😀
penasaran? oke deh nih aku kasih aja langsung resep cilok , eh iya pas aku foto yang ini minus daun bawang lebih enak lagia da daun bawangnya wangi rek…

Resep Cilok

Bahan Pentol Cilok :
250 gr tepung terigu
250 gr tepung kanji/aci
3 siung bawang putih (ulek dulu yah)
1 batang daun bawang
Air kaldu (bisa di ganti air putih biasa)
Garam

Cara Membuatnya :

  1. Taruh tepung terigu di dalam baskom berikan air lalu kasih tepung kanji, daun bawang, garam dan bawang putih uleni, aduk rata
  2. Rebus air dalam panci lalu masukan cilok yang sudah di bulat-bulatkan ke dalam air mendidih rebus hingga cilok naik permukaan menandakan sudah matang
Resep Bumbu Kacang
500 gram kacang tanah goreng
3 siung bawang putih
5 buah cabai merah
1/2 blok gula jawa
Garam

Cara Membuatnya :

  1. Goreng kacang tanah, cabai dan bawang putih, angkat tiriskan
  2. Haluskan kacang tanah yang sudah di goreng, lalu amsukan cabai dan bawang putih haluskan sampai benar-benar halus, jika sudah sisihkan
  3. Masukan kacang tanah yang sudah di haluskan bersama bumbu lalu berikan air secukupnya, klo bisa jangan cair, kental terasa lebih nikmat loh
Cara Penyajiannya :
taruh cilok di dalam mangkuk siram dengan bumbu kacang ehmmm nikmatnya ^_^

*Catatan :
Sebelum airnya mendidih masukan 3-5 minyak goreng ke dalam panci biar maksud gak nempel pas saat di rebus

Komentar Facebook

8 thoughts on “Cilok

Comments are closed.