home Uncategorized Cireng Isi

Cireng Isi

Bismillah…

Alhamdulillah akhirnya bisa buat cilereng dengan mulusss tanpa meleduk-meleduk adonan cireng saat di goreng rasanya itu bahagiaaaa sekali ^_^

Dulu Sewaktu percobaan pertama bisa di bilang gagal saat menggoreng karena adonan meledak duaaarrr dan loncat ke lantai dapur, pas terbang-terbangan si cireng dalam penggorengan ini sampai aku buat ketakutan, ya ampuuun rasanya seperti ada serangan rudal cireng :p *lebay wkwkwk
pas masih ada sisa cireng di adonan yang gak meledak sampai aku bawa tutup panci tameng maksudnya gitu hihihii 😛
untungnya saat itu pas masak lagi pke baju dinas yang opanjang alias baju dapur (baca :daster) jadi gak bakalan terlalu takut kena cipratan minyak ke tangan yah setidaknya ada kain yang menutupi tangan aku, soalnya trauma nih sama kecipratan makanan pas di goreng jadi kena percikan minyak panasa di tangan dan pas kena itu rasanyaaaa, bayangin sendiri aja yah 😛
Karena masih penasaran sama cireng isi akhirnya muter otak dan uji coba resep
dan Alhamdulillah Insya Allah saya cocok dengan resep ini dan metode ala saya ^_^
Berikut Meidy jelaskan step by step dan resep Meidy pake ala Meidy sendiri yah ^_^ oya pas buat ini aku pke isian jagung telur sosis pedas, untuk isi optional aja yah…

Resep Cireng Isi

Bahan Cireng :
250 gr tepung kanji
250 gr tepung terigu
Air panas lebih bagus yang mendidih
4 siung bawang putih
Garam
Gula pasir

Bahan Isian
1 buah jagung
2 butir telur ayam
5 buah sosis (pas Meidina pke 3 sosis sapi dan 2 sosis ayam )
5 buah cabai merah
3 siunb bawang putih
8 siung bawang merah
1 butir bombay
15 cabai merah (ulek dulu)
100 ml air

Cara Membuat Cireng :
Masukan tepung ke dalam wadah tepung terigu, gula pasir, garam dan bawang putih yang sudah diulek ke dalam air panas (klo bisa sedkit demi sedikit yah biar gak kebanyakan ^^ lalu masukan tepung kanji aduk menggunakan sendok kayu, aduk hingga adonan menjadi kalis (ciri-ciri kalis adonan tidak lengket di tangan

Step by step pembuatan cireng

maaf yah Meidina gak nyebutin berapa ukuran airnya karena kemarin asal tuang ^_^

Cara Membuat isian cireng :
Masuka minyak goreng ke dalam wajan masukan bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah aduk satu persatu sampai layu, terus masukan jagung yang sudah di pipil ke dalam wajan, terus berikan garam dan gula pasir air 100 ml lalu masukan telur 2 butir aduk-aduk hingga telur menjadi orak-arik bila sudah mateng jagung dan telurnya baru masukan sosis aduk-aduk amsak hingga semuanya matang

Penyelesainnya :
 (lihat gambar step by step yah…)

  1. Ambil adonan cireng lalu giling tipis, lalu masukan isian cireng gm 1
  2. Lipat adonan cireng sampai menutupi isian cireng gb 2
  3. Bentuk adonan sesuka hati bisa memotong memakai cookies cutter gb 3
  4. Sesudah di bentuk makana donan di tusuk dengan garpu, bolak bali, jadi satu sisi satu tusukan garpu, dengan maksud agar udara panas yang di dalam adonan cireng tidak terperangkap karena tidak adanya ruang udara di dalam adonan cireng gb 4, eh bener gak ini anak fisika analaisis saya? saya asal berpikir logika aja sih, klo pun salah mohon di maafkan yah maklum dulu fisika dapat rata-rata klo pun saya jago fisika mungkin sudah jadi dosen fisika kali yah bukan jadi dosen…. :p
Saya coba tehnik dengan menusuk garpu di setiap sisi Alhamdulillah sukses yah mungkin rezeki kali yah, semoga teman-teman yang mencoba pun berhasil karena saya senang berbagi ilmu klo ada yg menemukan tehnik baru kita sharing yah :-*
ok deh sekian tentang cireng alias aci di goreng ini, karena sudah malam saya mau tidur karena besok saya sudah di nanti oleh puluhan orang ciyeeee sok seleb deh 😛 maksudnya ana-naka generasi penerus bangsa ini, dan ini merupan tantangan #30hariberbagiresep
Kurang lebihnya Meidy minta maaf (tumben pke aja maaf-maafan kaya lebaran aja :p) aduuuh curhat melulu kapan selesainya nih saya ngetiknya akhirnya Bekasi di pukul 10:48 dengan ini saya mengatakan
Wassalamualaikum Wr.Wb ^____^

The end

Komentar Facebook

6 thoughts on “Cireng Isi

Comments are closed.