home Uncategorized Kue Tambang atau Untir-untir

Kue Tambang atau Untir-untir

Kue Tambang atau untir-untir ini rasanya emang manis enak cocok buat ngemil-ngemil hehhe, sayang aku gak doyan manis sih hhee, jadi cuman buat doang gak ikut makannya sih, ehhmm makan sih paling cuman segigit sisanya di makanin adek ku hehe, resep ada di sini

 Kalau di daerah jawa kalau lebaran pasti toples-toplesnya suka ada kue tambang ini loh 😀

Bahan kue tambang original :
340 gr Tepung terigu
85 gr Gula halus
60 gr Mentega / margarin
3 btr Telur
1/4 sdt Garam
1/4 sdt Soda kue
Cara Membuat kue tambang original :
1. Aduk sampai rata tepung terigu dan gula, tambahkan mentega dan aduk rata. 
2. Masukkan telur, garam dan soda kue. Aduk hingga adonan kalis. (tambahkan tepung bila perlu)
3. Gilas atau giling adonan menjadi tipis kira kira berukuran beberapa milimeter saja, lalu potong seukuran persegi panjang kurang lebih 3mm x 8mm, kemudian pilin agar adonan terpelintir, dan satukan kedua ujungnya lalu pilin lagi (agar plintir atau kue tambang jadi lebih tebal dan lebih cantik).
4. Panaskan minyak goreng, lalu goreng di atas api sedang hingga kue tambang matang dan berwarna coklat keemasan, kemudian angkat dan tiriskan.
5. Diamkan hingga kue dingin dan masukkan dalam stoples yang bertutup rapat.
Komentar Facebook

2 thoughts on “Kue Tambang atau Untir-untir

  1. kalo kue tambang ini ada di depanku bisa langsung tandas. Apalagi kalo rasanya renyah dan nggak terlalu manis. Ati ati aja kalo aku disuguhi untir untir, hehe…..

Comments are closed.