home Uncategorized Nasi Kebuli

Nasi Kebuli

Berhubung sebentar lagi mau walimatul ursy, jadi di rumah semua perabotan sudah packing sama ibu ku biar gak ribet dan nanti pas sodara pada dateng biar gak kelihatan nyusuh eheheh πŸ˜€
mentang-mentang akad dan resepsi di gedung semua perabotan di masukin lemari semua hehehe ada-ada si ibu soalnya ibu ku gak mau repot saat pengajian buat sebelum walimah beliau pesan di catering begitu juga saat menjamu keluarga besar ibu ku memutuskan untuk catering ibu khawatir klo masak-masak nanti pada kecapean katanya maklum ini pertama kali keluarga ku mengadakan walimatul ursy yah jadi begini lah eheheh ^_^

Oya dulu tetangga ku yang orang arab suka kasih nasi kebuli sayangnya beliau sudah pindah gak tinggal disni lagi mana belum sempat minta resepnya, yah sudah aku pke resep Jidah Farida Yamani aja lah, lagian juga jidah kan keturunan Arab pasti rasanya mirip-mirip aku mikirnya sih begitu ehhee, dan rasanya lumayan lah enak ehhee, makasih Jidah sayang resepnya :-* oya ini resepnya sudah aku modifikasi bahannya di sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah soalnay resep asli Jidah pake susu cair, kapulaga india, minyak samin lebih ribet resepnya hehee, aku buat yang ekonomis, kapulaga india dan minyak samin mana punya di rumah ehehe πŸ˜€

Resep Nasi kebuli

Bahan2 :
*1 kg daging kambing ( bisa daging / iga sapi) menurut selera jumlah dagingnya..boleh lebih banyak..
*800 gram / 1 liter beras
*250 gr bawang bombay iris tipis 2
*5 siung bw putih cincang halus
*2 sdm bumbu gulai bubuk , cairkan dg sedikit air
*1 jari kayumanis
*5 btr cengkih
*10 buah kapulaga india / hijau
*1 buah pala belah 4
*3 sdm saus tomat
*50 gram margarin
*250 ml susu cair
*250 santan kental
*Garam secukupnya
*100 gr mentega/ m samin
*100 gr bawang goreng untuk taburan
Caranya:
*Tumis bw putih dan bombay dengan margarin sampai harum.
*Masukkan bumbu gulai yg sdh dicairkan..tambahkan sedikit air…sisihkan
*Rebus daging ..dg air 1 1/2 liter air ..setengah lunak masukkan bumbu2 yg ditumis ..
tambahkan kayu manis , cengkih biji pala dan kapulaga ..garam
*Masak terus sampai daging lunak ,
Tambahkan Susu, santan dan saus tomat .sisa kaldunya Β± 1350 ml
Angkat dagingya , goreng
*Beras di kukus setengah matang angkat , letakkan dalam baskom , siram dengan kaldu yg telah di masak tadi ..tutup rapat..
untuk resep jidah ini kira 2 kuah kaldu yg dipakai 1,350 ml ..biarkan meresap ..
*Kukus kembali bersama rempah2 nya sampai matang..angkat .
Panas2 dicampur dg bawang goreng dan m samin / mentega..
Taburi sedikit kapulaga india yg telah dihaluskan..

*Siap di hidangkan panas/ hangat ..bersama sambal goreng daging , acar kuning 

Komentar Facebook

9 thoughts on “Nasi Kebuli

  1. oh iya mbak di kukus, step 2 itu sudah di aron, makasih mbak udah di koreksi, maaf, ketahuan banget yah resepnya copas dari si empunya resep gak di baca dulu hahahah πŸ˜€

Comments are closed.