home Uncategorized Pempek Tanpa Ikan (Pempek Dos)

Pempek Tanpa Ikan (Pempek Dos)

Habis shalat tahajud perut terasa keroncongan lagi males makan nasi penginnya ngemil yang anget-anget, dan seketika mak cling aku mau pempek,astagfirullah mana ada tukang pempek lewat hari gini ckckk, ya udah deh akhirnya aku lihat simpanan bahan makanan qodarullah aku menemukan tepung kanji dan tepung terigu masih banyak,akhirnya tengah malam aku nguprek di dapur hehehe…
Sepertinya memang aneh sih pempek kok tanpa ikan,namanya udah laper dan kepingiiiin banget yah apa boleh buat,hajar bleh hehe…aku suka lihat resep pempek di Dapur Aisyah pempek tanpa ikan atau dos,jangan tanya aku yah apa arti dos itu aku juga gak tau hehe,kalau yang ini buatnya super cepat cuman di emplek-emplek sebentar tok wis jadi,jadi gak perlu tuh ngerok-ngerok kulit ikan,lepasin ikan dari durinya,pokoknya cepat dan rasanya lumayan lah enak
Awalnya males buat cuko pempek,tapi yang namanya pempek tanpa cuko rasanya hampa banget yah,eh di kulkas ku menemukan asem jawa dan gula merah sip deh lengkap deh kali ini aku makan pempek hehhe…Alhamdulillah

Bahan Pempek DOS (Tanpa Ikan)

250 tapung kanji
250 tepung terigu (kanji dan terigu perbandingan 1:1 yah)
air panas secukupnya
2 butir telur (jika ingin membuat kapal selam)

Bumbu yang di haluskan:
2 siung bawang putih
2/3 sendok makan Garam

Cara Membuat

  1. Masukan tepung terigu yang sudah di ayak ke dalam baskom,lalu bumbu yang sudah di haluskan masukan air panas lalu aduk bila air dan terigu sudah tercampur baru masukan kanji sampai adonan terasa kalis
  2. Bila sudah kalis adonan siap di bentuk menjadi pempek lenjer atau kapal selam,kalau kapal selam di resep sebelumnya udah saya share kan bagaimana cara membuat pempek kapal selam)
  3. Rebus adonan yang seudah di bentuk sampai matang,tiriskan
  4. potong dan goreng deh
Bahan Cuko
  1. 3 siung bawang putih
  2. 2 bungkus asam jawa
  3. 1 batok gula jawa
  4. garam
  5. Air
Cara Membuat Cuko :
  1. Haluskan bawang putih dan garam
  2. Rebus air lalu masukan bumbu yang sudah di haluskan masukan asem jawa dan gula jawa,masak hingga gula jawa mencair
Komentar Facebook

3 thoughts on “Pempek Tanpa Ikan (Pempek Dos)

Comments are closed.