home Uncategorized Resep Bakpia Pathok Kacang Ijo ~Hijau~

Resep Bakpia Pathok Kacang Ijo ~Hijau~

Bismillahirrohmanirrohim…

Horeeeeee udah gak penasaran lagi buat bakpia sukses poll*tari hula-hula tangan ke atas pinggul goyang-goyang :p

makannya gak berhento-henti itu pengalaman saya dulu ketika awal buat bakpia, klo ini bakpianya ada orderan dari teman saya padahal hgak niat julan lho, maklum orang ngidam harus di turutin , nanti babynya ngeces katanya sih saya mah gak percaya mitos yah hehee ^^

nah kemarin karena buat banyak saya buat isinya 4 macam, rasa kacang hijau, rasa susu, rasa keju, dan rasa coklat testinya isinya mirip sama yang kaya beli di yogjanya eheh, lah iya lah orang jogya kok gak bisa bikin bakpia :p eh padahal resepnya aku sadur dari mana-mana hehe, jadi gak usah nunggu pulang kampung bisa makan bakpia buat sendiri juga bisa ^_^
padahal klo buat bakpia itu pegeeeelnya gak tahan terutama ngegilingnya itu loh ^^ karena bakpia mempunyai tekstur berlapis-lapis jadi ngegilingnya harus berkali-kali mirip dengan pastry ehehe 😀

Nah ini saya kasih tutorial video buat bakpia yah, biar gak binggung xiixi ^^

Resep Bakpia Kacang Ijo

Bahan A
300 gr tepung terigu
100 ml minyak sayur
100 ml air
2 sdm gula pasir
garam

Bahan B :
100 gr tepung terigu
100 ml minyak sayur

Cara Membuatnya :

Bahan A

  • Campurkan trepung terigu,garam dan gula pasir lalu masukan minyak sedikit demi sedikit hingga sedikit kalis lalu tambahkan air hingga kalis, diamkan 30 menit, lalu bulat-bulatkan

Bahan B

  • Campur tepung terigu uleni hingga kalis diamkan 30 menit, lalu bulat-bulatkan
  • Adonan A di bulat-bulatkan lebih besar ketimbang adonan B
  • Giling adonan A lalu setelah itu letakan adonan B di tengah adonan B lalu giling searah, jangan bilak-balik karena akan membuat cairan minyak keluar dan berpengaruh bakpia tidak crispy, setelah itu adonan di gulung, arahkan adonan lurus memanjang lalu giling kembali
  • Lalu masukan isi dan adonan setelah itu isi di tutup oleh adonan
  • Oleskan kuning telur
  • Panggang hingga berwarna kecoklatan
Cara Membuat isi Bakpia Kacang Hijau
Bahan : 
250 gr kacang ijo
1/2 butir kelapa, peras airnya hingga 700 ml
100 gr gula pasir
garam
Cara Membuatnya :
  1. Rendam kacang hijau selama 2 jam (kemarin Meidy tinggal tidur kurang lebih 4 jam) untungnya sih gak jadi toge hehee 😀 makin lama ngerendem semakin sedikit waktu di butuhkan untuk ngerebus hehe
  2. Rebus kacang hijau hingga empuk, bisa di presto hanya membutuhkan 10 menit, saring airnya, sisihkan
  3. Rebus kacang ijo dengan air santan, gula pasir, garam, masak terus mengaduk-ngaduk terus dengan maksud biar kacang ijo pecah dan lembut seperti bubur
Komentar Facebook

6 thoughts on “Resep Bakpia Pathok Kacang Ijo ~Hijau~

Comments are closed.