home Uncategorized Resep Cakwe

Resep Cakwe

Bismillah…
Hujaaaaaaaaan, allahumma shoyyiban nafi’an, hujan-hujan begini enaknya ngemil hehee, ini sudah kedua kalinya saya membuat cakwe, percobaan pertama saya banyak menggunakan bp & soda kue untuk
mendapatkan cakwe yang mengembang dan enak, yah walaupun di resep aslinya disarankan memakai amoniak, karena amoniak itu bahan berbahaya jika di pakai lebih dari 0,8% hasil gugling, jadi takut hehee, eh lagian juga saya gak tau amoniak itu belinya dimana :p , semasa saya dulu masih belajar klo gak salah yah amoniak itu yang saya hapal itu bau ehhee, terus nyambungnya apa coba bau sama cakwe -_- hehe, bubuk amoniak itu bubuk putih yang mengandung bahan kimia Natrium Hidroksida/NH3)

Nah setelah berkelana memutar otak untuk mengembangkan si cakwe tanap banyak menggunakan BPTP ibu saya bilang coba kak pakai ragi ahaaa, ibu saya emang cerdas, love u mom :-* kenapa gak kepikiran dari dahulu yah hihihiii

Setelah bertapa bertahun-tahun, berhari hari, bertapa coba ngapain :p saya menemukan komposisi resep yang cocok bagi saya, kemungkinan resep ini akan saya kembangkan lagi agar menjadi sempurna*serius banget bahasanya hehee 😀
Yang pastinya satu kata saya senang membuat resep cakwe tanpa amoniak ini*eh katanya satu kata itu mah lebih dari satu kata yah hihiii…

Resep Cakwe

Bahan Biang:
1 sdt ragi instan
1 sdm tepung terigu
1 sdt gula pasir
3 sdm air putih hangat
*Campur semua bahan menjadi satu, aduk rata, diamkan kurang lebih 5-10 menit hingga berbuih.
Bahan Adonan Cakwe:
250 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt baking powder
100 ml air putih
1 sdm minyak goreng
Cara Membuat:
1. Masukkan tepung terigu, garam, soda kue dan baking powder ke dalam wadah. Tuangkan bahan biang yang sudah berbuih dan minyak goreng, aduk dengan tangan hingga tercampur rata.
2. Tuangkan air putih sedikit demi sedikit yah  hingga habis sambil adonan diuleni dengan tangan, uleni adonan cakwe sampai kalis dan tidak lengket ditangan.
3. Bulatkan adonan cakwe, tutup wadah dengan plastik hingga tertutup rapat. Istirahatkan selama kurang lebih 2 jam atau kalau mau sabar bisa lebihkan
 4. Gies atau giling menggunakan rolling pin atau jika gak ada bisa pakai botol bekas, adonan cakwe adonan cakwe  dengan ketebalan kurang lebih 1 cm. Potong adonan cakwe dengan lebar 3 cm dan panjang 15 cm.
5. Tarik perlahan kedua ujung cakwe agar memanjang, lalu goreng cakwe dengan panas api sedang, masak cakwe hingga berwarna keemasan

Saus Cakwe:
300 ml air
1sdm tepung maizena
4 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal
2 siung bawang putih, cincang
2  sdt gula pasir
1 sdt garam halus

Campur semua bahan saus dalam panci. Rebus ambil diaduk-aduk hingga mendidih dan kental. Angkat.
*Catatan :
Point ke 3, kalau ada yang kenapa kok lama yah sampai minimal 2 jam? Karena kalau proses fermentasinya hanya satu jam, adonan cakwe kurang lentur atau lemas dan hasil kuenya kurang bagus pori-porinyanya, rongga yang terbentuk masih agak padat
Komentar Facebook

9 thoughts on “Resep Cakwe

  1. maaayyyy….kirim cakwenya ke ciledug duong. Daripada beli mending yang ini aja bebas kimia. Aku udah nyimpen resep cakwe tanpa amoniak dan pake ragi juga, tapi kok masih awang-awangen nguleni, hihi….

  2. Natrium hidroksida itu NaOH
    Kalau NH3 itu amoniak
    Tapi amoniak yang aman dimakan pun sebenernya adalah amoniumbikarbonat (NH4)2CO3 jd jangan sembarangan beli di toko kimia.. belinya di toko bahan2 kue

Comments are closed.