home Uncategorized Roti Kentang

Roti Kentang

Roti Kentang…

di rumah bisa di bilang pada senang banget sama donat kentang,ini resepnya asal-asalan semau saya hehe…
pakai ilmu kira-kira,tetap yah tangzhong gak bisa lepas dari saya,ini setoran PR DA admin yang lain pada nyetornya lebih dari satu,bukannya gak mau kalah tapi emang senang buat roti dan mau bereksperimen dengan “rasa” baru hehe πŸ˜€

Untuk kentang gak aku timbang beratnya,kurang lebih ambil 4/5 buah kentang,rebus terus kupas,terakhir di ulek,kurang lebih 500 gram
Tepung protein tinggi 500 gram
Susu cair 250 ml,tapi pas buat di tambahin air dikit doang gak pakai ilmu takar
Telur 2 butir
Gula pasir gak di timbang,di toples tinggal dikit males ambil ke kulkas tuang ke dalam toples hehe (maklum malesnya lagi kumat)*tutup muka pakai masker malu xixixixii πŸ˜€
sejumput garam cinta
margarin baru di timbang 70 gram
pernifan 1 bungkus (11 gram)
sebelumnya kita buat tangzhong dulu,timbang terigu 25 gram lalu air 125 ml,lagi pas mau mau ngukur gak ketemu gelas ukur yasudahlah pakai gelas rice cooker saja hehe :D*memanfaatkan yg ada aja (Qodarullah) siapkan panci lalu tuang terigu dan air aduk-aduk jangan sampai berbuih alias over heating,cukup 65` C,karena males ngukur dan tetek bengek,masukan ujung jari ke dalam panci yah bisa dikira-kira 65’c itu panasnya seberapa,karena ujung jari-jari kita itu sensitif (Maha Besar Allah yang menciptakan)

Cara Membuatnya :
Haluskan kentang,tepung,air,mentega,pernipan,dan tangzhong di uleni hampir 1/2 kalis
lalu tambahkan margarin dan telur,aduk hingga kalis alias gak terasa lengket di tangan dan sudah tidak ada butiran tepung di dalam adonan
lalu basahkan serbet tutup roti pas bikin sih di tinggal shalat dulu karena sudah adzan berkumandang,selesai shalat dan tilawah lanjut nguleni roti yah kurang lebih 15 menit/20 menitan lah
lalu di oven,untuk roti jangan terlalu lama,nanti hasilnya keras cukup sampai coklat saja,di rumah pakai otang 15 menitan kira-kira ngovennya,pakai api besar yah πŸ™‚ selama oven aku pakai di rak no 2,di rumah ovennya 3 susun

Komentar Facebook