home Uncategorized Roti Tawar

Roti Tawar

PR DA Bulan Oktober 2012
Tema: Olahan Roti
Oleh : Maydina Safitri

Buat roti tawar itu udah keinginan lama banget,Alhamdulillah baru terwujud sekarang,cetakannya boleh pinjem dari teman nih xixxiiii,habis susah sih cari cetakannya gak nemu

-nemu hehe…

Kebetulan mixer di rumah itu lagi rusak,klo PR temanya cake waaah bisa pegel nih tangan ngocok adonan pakai balon whisk bisa-bisa tangan bisa berotot kaya Ade Rai wkwkwkkk

Resepny sama aja kaya buat roti biasa dan ini pakai metode tangzhong tetap gak bisa di pisahkan hehe 🙂

Resepnya nyontek seperti biasa dari ibu Fatmah Bahalwan,syukron yah bu atas resepnay saya,saya selalu nyontek lochh resep ibu*nyontek kok bangga yah??? wkwkwkkk

Roti Tawar
Bahan:
1 kg tepung terigu protein tinggi
11 gr ragi instant
20 gr susu bubuk full cream
100 gr gula pasir
2 btr telur
60 gr mentega putih
15 gr garam
475 ml air es

Cara membuatnya:

Dalam wadah satukan tepung terigu, gula pasir, ragi instant, dan susu bubuk, aduk rata. Beri telur, dan tuangi air es secara bertahap sambil diuleni hingga tercampur rata dan bergumpal-gumpal.
Masukkan mentega putih dan garam, lanjutkan menguleni hingga adonan kalis elastis. Bulatkan dan istirahatkan 30 menit.
Kempiskan adonan dengan cara ditinju, lalu bagi adonan masing-masing 550gr. Bulatkan, lalu gilas, dan gulung padat memanjang. Taruh dalam loyang loaf yang sudah dioles minyak atau mentega putih. Diamkan selama 60 menit, hingga mengembang. Poles bagian atasnya dengan campuran telur dan susu (1 btr telur, 2 sdm susu segar, ½ sdt garam, kocok lepas)

Panggang dalam oven selama 20 menit, atau hingga matang permukaannya kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven, poles segera bagian atasnya dengan butter.

Komentar Facebook