home Uncategorized Sayur Asem Betawi dan Sunda

Sayur Asem Betawi dan Sunda

Sayur Asem versi sunda

Sayur Asem versi Betawi, foto di ambil saat malam hari makanya warnanya jelek aslinya kuahnya merah bangeeet

Sayur Asem versi Betawi pke oncom

Sayur asem siapa sih yang gak tau sayur ini?
sayur ini rasanya sudah pasti asem dan pedas ini emang paling nikmat di makan siang hari apalagi di tambah ikan asin dan sambal terasi waaaah mankin menggoda rasanya, dan ternyata sayur asem ini dari isi mempunyai perbedaan seperti sayur asem khas orang betawi dan sunda, saya pun mengetahuinya ketika belanja sayur di dekat rumah dan wisata kuliner di rumah makan yang menyediakan menu sayur asem, walaupun berbeda isiannya tetapi ada persamaannya mungkin pakemnya kali yah harus ada daun so atau daun melinjo, melinjo,kacang tanah,kacang panjang pepaya muda dan jagung manis
adapun perbedaannya ialah sayur asem betawi isinya lebih banyak ada tambahan oncom, nangka muda, dan kacang tanahnya pun kacang tanah yang ada kulitnya belum di kupas, pertama kali makan di RM gaya betawi sempat shock sih dan just ini RM jorok banget masa kasih kacang sama kulit-kulitnya bagiamana mau makan dll pokoknya ngedumelnya gitu deh ehehe 😀
Nah sayur asem versi sunda lebih gak banyak isiannya paling nangka muda dan terong ungu klo sayur asem versi sunda kacangnya pake kacang kulit yang sudah di kupas, sehingga kita tidak kerepotan saat makan untuk mengupasnya ehehe 😀
Setelah mencoba berbagai resep sayur asem ternyata sayur asem itu paling enak klo gak pke bawang putih dan pke tambahan asem amteng itu menurut ku loh yah, jadi akya RM betawi bumbunya medok dan nikmat eh di RM betawi sampe kuahnya merah tetangga ku yg orang betawi klo ngajarin masak sayur asem begitu biar makin berselera, berikut saya kasih resep sayur asem yang enak ehhee 😀

Resep Sayur Asem

Bahan :
1,5 lt air

Bumbu halus
10 cabai merah
10 siung bawang merah
3 cabai rawit oren
Garam
Terasi

 Bumbu Pelengkap
3 lembar salam
laos geprek
1 sdt gula pasir (bila suka bisa di ganti dengan gula merah)
2 buletan asem mateng (bila ingin rasa asemnay keluar)
Asem yang amsih ada kulitnya cukup di geprek

Isi Sayuran :

Bahan A
Jagung
Kacang tanah
Melinjo

Bahan B
Pepaya muda

Bahan C
Daun so
Kacang panjang
Terong
Oncom

Cara Membuatnya :

  1. Haluskan bumbu halus, sisihkan
  2. Masukan air ke dalam panci tunggu air sampai mendidih masukan bahan A masak hingga empuk lalu masukan bahan B tunggu hingga bahan B sedikit empuk , masukan bumbu halus dan terakhir masukan bahan C masak hingga empuk semua isi bahan-bahan di dalam sayur asem, bila sudah mateng angkat
  3. Tuangkan sayur asem yang sudah di masak ke dalam mangkuk saji besar
Catatan :
Jangan memasukan asem ketika bahan-bahan sayuran belum mateng karena menurut pengalaman klo di masukin lebih dahulu dan sayurannya belum mateng jadi membutuhkan proses waktu yang lebih lama, cmiiw

Komentar Facebook

7 thoughts on “Sayur Asem Betawi dan Sunda

  1. bukannya sayur asem betawi yg pake tambahan oncom itu yg skitaran jakarta selatan y? mernah ke gang sayur asem ga? ada sayur asem yg terkenal banget dan ternyata bumbu rahasianya jengkol. saya agak syok waktu tau. tapi kata yg punya warung jengkolnya sudah difermentasi selama seminggu jadi sudah nggak ada bau. makannya pas dicampur ke sayur asem malah menambah lezat sayur asemnya.

Comments are closed.