home Uncategorized Soto Bogor

Soto Bogor

Nyetor di hari ke 25 #30hariberbagiresep event Kumpulan Emak Blogger mau berbagi resep soto bogor aja hehe 😀 ini foto udah lumayan lama kayaknya hehee, tapi belum sempat saya share, gak apa-apa kan yah mak pke foto lama hehee 😀
Pekerjaan beberapa hari ini lagi “puncak” jadi belum sempat menyentuh dapur yang sangat kurindukan*lebay mode on 😛
Resep Soto Bogor
250 gram daging sapi 
250 gram babat, direbus, potong-potong 
2 sendok teh air asam jawa dari 1 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan
3 lembar daun salam 
3 cm jahe, dimemarkan
6 lembar daun jeruk 
4 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
2 batang daun bawang, dipotong-potong
1.500 ml santan dari 1 butir kelapa (aku pke cuman 1/4 soalnya gak doyan santan :P)
2 1/2 sendok makan garam 
4 sendok teh gula pasir 
1/2 sendok teh merica bubuk 
2 blok kaldu sapi 
1.000 ml air 
3 sendok makan minyak untuk menumis 

Bumbu Halus:
15 butir bawang merah 
8 siung bawang putih 
5 cm kunyit, dibakar
5 butir kemiri, disangrai
2 sendok teh ketumbar 
Pelengkap:
bawang merah goreng 
2 batang daun bawang, diiris
4 batang seledri, diiris
5 sendok makan kecap manis 
100 gram emping goreng 
3 buah jeruk nipis 
Sambal Cabai Rawit:
20 buah cabai rawit 
3 buah bawang merah 
1/2 sendok teh garam 
1/4 sendok teh gula pasir 
Cara membuat:
1.     Rebus daging dengan daun salam dan jahe hingga matang dan empuk. Tambahkan babat. Aduk rata.
2.     Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk dan serai sampai harum. Tuang ke rebusan daging. Aduk rata.
3.     Tuang santan. Aduk rata. Masukkan garam, gula pasir, merica bubuk, dan kaldu sapi. Masak sampai mendidih dan matang.
4.     Tambahkan air asam jawa dan daun bawang. Aduk rata.
5.     Sambal cabai rawit: rebus cabai rawit dan bawang merah sampai layu. Angkat. Tambahkan garam dan gula pasir. Haluskan.
6.     Sajikan soto dengan pelengkap dan sambal cabai rawit.

Sumber Majalah Sedap

    Komentar Facebook

    3 thoughts on “Soto Bogor

    1. Sejak menginjakkan kaki di Bogor, belum pernah bikin soto bogor, hihi.. Selama di rantau senengnya bikin soto betawi melulu. Baiklah, aq insap. Bookmark resep ini. Kapan2 bikin, Makasih resepnya ya, mbak ^_^

    2. aku klo buat soto bogor nyicil mbak bahannya hehee, pertama buat risolnya dulu terus simpan di freezer jadi tinggal goreng deh pas sotonya udah jadi, besoknya baru deh buat sotonya, soalnya klo buat sekaligus gak kuku hehee, buatnya seharian eh yg makanin habis sekejap 😀

    3. Kalo bikin risolnya nyicil duluan, kayaknya di rumahku ga jamin bakal aman deh. Umpetin dulu kali yah risolnya biar ga abis duluan, hihihi
      Jarang bikin soto nih, krna banyak krentilannya. Suami minta pake emping. Ibuku minta pake perkedel. Belum bikin sambel pelengkapnya…
      Betul, Mbak..bikin ketuwelan seharian lalu makanannya habis sekejap ^_^

    Comments are closed.