home Uncategorized Soto Sokaraja

Soto Sokaraja

PR DA Bulan Juni 2013
Tema: Sambut Idhul Fitri 1434 H
Oleh : Maydina Safitri

Waaaah baru ngumpulin PR bulan Juni padahal ini bulan Juli yah? (lagi jadi anak bandel :P) hehee, kemarin kemana aja, duduuh ini contoh yang gak baik jangan di tiru yah xixiiii  kemarin saya istirahat full Insya Allah izinnya syar’i kok sekarang udah mulai beraktifitas di dumay lagi ngebaking lagi nih*sekedar info 

PR bulan Juni menu untuk Idhul Fitri di rumah sih biasa buat Soto aloasannya segeeee tau makan soto selesai shalat ied hehee
Kalau soto biasanya temannya lengkap pkai kerupuk, sambal 2 macam, bihun dll wiiih pokoknya enak deh aduuuh ngebayanginnya aja sambil ngeces wkwkwkwk 

Terus aku binggung mau kasih resep apa yah hehee soalnya ada 3 menu waaaah bisa bisa sehari semalam nulis resepnya*lebay mode on 

Selain soto di rumah juga buat gulai, opor, rendamg terus cemilannya bakso pokoknya kaya orang hajatan deh  terus minumnya es buah buat acar biar segar sama netralin lemak lemak yang numpuk habis makan banyak wkwkwkw  gak ketinggalan biasanya aku buat salad youghurt ngeluruhin lemak membandel di perut (ini pembenaran yang gak ilmiah yah :P) yang benar biar ada serat yang masuk ke tubuh gak kebanyakan makan hewani melulu 

Aku kasih resep soto sama kering kentang aja yah, resepnya nyusul mau mandi dulu sayanya hihihiii 

Resep Soto Sokaraja

2 ekor ayam kampung
8 lembar daun salam
Lengkuas
Garam
Gula Pasir
Minyak untuk menumis

Bumbu Halus

10 siung bawang putih
18 siung bawang merah
10 butir kemiri
Lada
Kunyit
Jahe

Bahahn Pelengkap
200 gram Soun, diseduh air panas
200 gram Tauge pendek yah
8 Butir telur rebus
Seledri cincang halus
Kedelai goreng
Bawang putih goreng
Kerupuk soto biasanya merah kalau saya gak mau ngeriii iiih sama pewarnanya, pke kerupuk biasa aja hehee 

Bahan Sambal Kacang

250 gram kacang tanah sangrai, di giling halus/ ulek
10 butir bawang merah
8 siung bawang putih
Kencur
100 gram cabai merah keriting
Air asam
Garam
Gula Jawa
Minyak untuk menumis

Cara Membuat :

1. Rebus ayam, air, daun salam, lengkuas, garam, gulpas sampai matang. Angkat goreng ayam hingga kecoklatan, Tiriskan, lalu suwir-suwir

2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan wangiiiiiimasukan ke dalam rebusan ayam, masak di api kecil hingga mendidih

3. Sambal, Haluskan bawang merah, putih, kencurcabai merah dan garam, Panaskan minyak tumis bumbu halus hingga harum, Tambahkan gula merah, air asem, kacang tanah yang udah di haluskan, angkat, tuang air, aduk rata

4. Penyajiannya cieelahh bahasanya 
Tata soun tauge telur, daun bawang seledri kacang kedelai, taung kuah soto, sajikan bersama kerupuk kasih taburan bawang goreng dan samabl kacangnya aduduuuuuh pokoknya mataaappp deh*ngiler gak nanggung yah 

Resep Kering Kentangnya udah saya share disini

Komentar Facebook

2 thoughts on “Soto Sokaraja

  1. Hi mak,salam kenal…poto sotonya btw mana ya…apa sy kurang jeli matanya…pengen tau nih penampakkan sotonya…secara pengen nyoba resepnya…

  2. salam kenal mak ^_^ maksih yah udah mampir di blog ku
    fotonya yg paling sebelah kanan tapi ketutup pas fotonya, hihiii maklum mbak fotonya buru-buru udah mau di serbu sama pasukan ehhee 😀

Comments are closed.